Trip to Karimun Jawa (16-20 oktober 2016)

Bismillah.

Setelah liburan saya dan suami ke belitung 2 tahun lalu. Pada tahun ini saya dan suami ingin mengajak anak kami Nabiilah (21 mo) untuk berpetualang bersama. Dengan berbagai pertimbangan  dan hasil googling akhirnya kami menjatuhkan pilihan untuk berlibur ke karimun jawa selama 3 hari 2 malam dengan transit di japara dan semarang karena jadwal pesawat dan kapal yang berbeda.

Dermaga Besar Karimun Jawa

Hari ke- 1

Kami berangkat dari surabaya ke semarang via garuda indonesia jam 8 pagi sampai di semarang jam 9 pagi langsung di jemput dengan travel kencana trans menuju penginapan kotabaru di kawasan pantai kartini jepara. Perjalanan dari bandara semarang ke pantai kartini skitar 3 jam. Karena hari ahad pantai kartini digunakan untuk wisata sehingga travel hanya bisa mengantar sampai parkiran saja (masuk kawasan pantai kartini biaya 7ribu/orang) dan kami harus berjalan kaki untuk sampai di penginapan. Lepas sholat dhuhur kami keluar untuk makan siang di kawasan pantai kartini naik kereta kelinci @5ribu/orang dan harga makanan rata-rata 7-8ribu/porsi. Jajanan disana juga harganya relatif murah.

Pantai Kartini Jepara

Home Stay Kota Baru

Kamar VIP Home Stay Kota Baru

~ menyenangkan di pantai kartini karena banyak jajan haha ~

Hari ke- 2

Lepas subuh kami tidak ingin melewatkan sunrise dan menghirup udara pagi di lantai atas penginapan kotabaru. Setelah itu, kami bersiap untuk menuju pelabuhan dan membeli nasi bungkus di sekitar penginapan karena sarapan tidak disediakan. Perjalanan ke pelabuhan sekitar 5 menit menggunakan taxi karena letaknya bersebelahan dengan pantai kartini (sebenarnya jika mau berjalan kaki juga bisa).

Sunrise dari lantai 3 homestay kotabaru Jepara

Setelah sampai di pelabuhan kami bertemu pihak travel ke karimun jawa yang sudah kami booking sebelumnya. Dalam pikiran saya kami bersama-sama dari jepara ke KJ ternyata pihak travel disana hanya memberikan tiket kapal saja dan di KJ nanti akan bertemu dengan tour guidenya yang menunggu di pelabuhan.

Kami menggunakan kapal express bahari dengan lama perjalanan 2 jam untuk sampai di KJ. Sesampai di KJ kami bertemu dengan tour guide kami dan di antar ke dermaga kecil. Sampai dermaga kecil kami di jemput oleh perahu dari wisma apung (hiu kencana, menjangan besar). Jaraknya tidak jauh hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai di wisma apung. Tepat adzan dzuhur kami tiba di wisma apung langsung makan siang dan sholat.

Wisma Apung

Kamar Wisma Apung B

Cukup lama kami menunggu jemputan dari tour guide untuk hopping island sekitar 2 jam. Entah kita snorkeling di pulau apa (sebenernya sih lebih banyak nyari spot foto underwater yang pas :p saya hampir kena bulu babi juga dan suami lecet-lecet kegores karang karena saya tarik-tarik mulu *maapkeun bang*) Setelah itu kami ke pulau pasir putih (tempatnya asyik buat main pasir sambil main air karena bersih banget cocok buat nabiilah). Setelah seru-seruan main saatnya kita balik.. Waktu menunjukkan jam 4 sore, saya pikir masih ada destinasi lain namun ternyata kami di antar ke penginapan untuk liat hiu (walahh.. daritadi juga udah liat kali mas zZzz..–“).

Pulau Pasir Putih

Hiu di penangkaran hiu kencana (wisma apung)

Ba’da maghrib kami di antar pak Agus dengan perahu menuju dermaga kecil untuk pergi ke alun-alun yang tidak jauh dari sana. Makan malam kami ikan bakar dan udang saus tiram karena rata-rata yang dijual memang ikan bakar, udang dan cumi-cumi. Lanjut beli oleh-oleh kaos dengan harga 100ribu/3kaos (semua penjual harganya sama kok). Setelah itu kami kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Hari ke- 3

Setelah subuh kami bersantai di depan kamar melihat laut yang tenang dan jernih dengan ikan-ikan kecil yang cantik sambil menanti sunrise dan jatah sarapan :p

Lagi-lagi kami menunggu lama untuk hopping island sekitar jam 9.30 kami baru dijemput. Pertama kami snorkeling di spot karang gosong.  Saya sih nggak turun karena keliatan dalem banget lautnya hihii..

Sekitar 30 menit disana kami lanjut perjalanan ke pulau gleyang. Disini hanya ada satu rumah dan berjualan snack serta minuman dengan fasilitas toilet di belakang rumah. Jika mau sholat kita bisa pinjam tikar untuk sholat dibalik pohon karena tidak ada tempat sholat disana. Makan siang kami juga dipulau ini dengan bakar ikan dan sambal tentunya. Hmmm sedaaapp… Hanya saja cukup lama kami di pulai ini sekitar 3 jam hiks.

Pulau Gleyang

Setelah dari sana kami snorkeling lagi di spot nemo. Tapi saya nggak ikutan snorkeling karena jauh sih dari perahu ke spot nemonya jadi cuma berenang nikmatin air laut yang tenang aja di deket perahu haha

Destinasi terakhir kami ke taman nasional menanti sunset dan kembali ke penginapan untuk packing karena besok sudah pulang. Dan makan malam kami bungkus dari taman nasional jadi tidak perlu keluar lagi ke alun-alun hehe..

Sunset di Taman Nasional Karimun Jawa

Hari ke- 4

Seperti kemarin ba’da subuh kami sudah keluar kamar untuk menantikan sunrise dan setelahnya baru bersiap untuk pulang.

Kami tiba di pelabuhan jam 10 pagi dan kapal berangkat jam 10.30 WIB. Perjalanan memakan waktu 2 jam untuk sampai di jepara.

Kapal Express Bahari

Tiba di jepara kami makan siang dulu di pelabuhan sambil menunggu jemputan travel yang kami pesan jam 2 siang. Namun saat kami baru saja memesan makanan tiba-tiba pihak travel menelpon bahwa ia sudah sampai diparkiran padahal masih jam 1 siang dan kami pun minta waktu untuk melanjutkan makan siang kami sebentar karena sudah terlanjur pesan.

Baiklah, setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan menuju semarang selama 3 jam untuk sampai di hotel puri garden yang letaknya tidak jauh dari bandara.

Kamar Eksekutif Hotel Puri Garden

Kami tiba di hotel sekitar jam 5 sore dan ba’da isya kami keluar jalan-jalan sambil mencari makan malam di paragon mall. Kami mencoba mengunjungi food courtnya dengan sistem deposit. Jadi sebelum kita masuk harus deposit uang dulu kemudian kita mendapat kartu untuk memesan makanan dan setelah selesai baru kembali ke kasir untuk meminta sisa deposit kita dan mengembalikan kartunya. Tak terasa mall sudah hampir tutup dan kami memutuskan untuk pulang dengan taxi. Tak jauh dari mall kami melewati bangunan lawang sewu yang cukup terkenal itu.

Hari ke-5

Pagi-pagi kami telepon lunpia mataram yang terkenal halal untuk delivery ke hotel. Sambil menunggu kami bersiap untuk sarapan sekaligus membawa barang-barang kami dan menunggu di lobi hotel.

Kami berangkat ke bandara dengan taxi. Sebenarnya ada fasilitas antar jemput bandara dari hotel hanya saja baru bisa jam 9. Sedangkan pesawat kami jam 9.30 wib.

Sampai di Bandara, setelah boarding kami menunggu di lounge garuda sambil menikmati jajanan pasar yang mungil-mungil. Ada jamu juga tapi masih hangat dan tidak disediakan es batu jadi saya urungkan niat untuk mencicipinya dan memilih jus apel sajah 😀

Okee sudah ada panggilan dan kami segera menyelesaikan makan kami.

Oteweee…

Setengah jam kemudian…

Kami tiba di juanda dan melanjutkan perjalanan kami ke rumah dengan taxi.

Ahhhh alhamdulillah sampai rumah.. Istirahat bentar dan buka koper.. Hwaaaahh cucian!!!

Baiklah waktunya kembali ke realita 😀

*catatan :

1. Jika memilih tour travel karimun jawa pilih yang terpercaya dan tanya sejelas mungkin itinerary, fasilitas, dll. 

2. Jika menggunakan travel dari bandara semarang ke jepara atau sebaliknya pastikan travel yang menjemput ada bagasi mobil belakang jika anda membawa banyak barang. Tarif travel 45ribu + cas ke bandara 20rb jadi total 65ribu/orang.

3. Harga Penginapan Home Stay kota baru kamar vip kamar mandi dalam 325ribu/malam kapasitas 3 orang (sarapan tidak disediakan, alternatif bisa cari makan disekitar penginapan, kalo saya beli di sebelah hotel samudra)

4. Makanan di kawasan pantai kartini harganya sekitar 7-8ribu/porsi.

5. Menuju ke pelabuhan bisa ditempuh dengan jalan kaki atau kalo bawa barang banyak bisa naik taxi (telepon taxi bisa minta ke penginapannya. Tarifnya minimal 25ribu. 

6. Retribusi saat masuk ke pelabuhan jepara (karcis masuk pelabuhan untuk kendaraan Rp1.500, karcis masuk untuk perorangan Rp500, karcis retribusi Rp2.000, tiket masuk karimun jawa Rp5.000)

7. Tiket kapal Express bahari Rp150.000, infant Rp20.000

8. Bawa uang cash yang cukup selama di Karimun Jawa karena hanya ada bank BRI saja, dan terkadang ATM pun kosong jika banyak pengunjung.

9. Listrik di sana sudah 24 jam menyala setelah lebaran kemarin sedangkan di wisma apung listrik menyala jam 5sore-jam 5pagi saja.

10. Saat menginap di wisma apung sedang proses pembangunan cafe. 

Sekiaan pengalaman saya dan keluarga selama liburan di karimun jawa. Semoga bermanfaat…

Advertisements

~ by Ummu Nabiilah on October 21, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: